Friday, May 11, 2012

Blackberry World 2012


Akhir 2012 Blackberry akan merilis OS terbaru mereka, yaitu  Blackberry OS 10 (berdasarkan QNX seperti PlayBook OS) Mereka mengumumkan, bahwa prototype BB10 terlihat seperti PlayBook, layar 4,2 inci, 1280 x 768 dan memori internal 16 GB serta dilengkapi dengan slot memori eksternal dan RAM 1 GB. Thorsten Heins mengatakan bahwa fitur utamanya adalah "Real Multitasking" yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain yg sedang aktif, hanya dengan mengusap layar ponsel.

Deja vu adalah kata yang tepat untuk itu. Seperti juga presentasi Maemo dan MeeGo yang menunjukkan kepada kita hal yang sama lebih dari setahun lalu. Bahkan mereka menjanjikan sebuah paradigma baru dari UI sebuah ponsel yang belum pernah kita lihat sebelumnya.Dan memang MeeGo benar-benar ada meskipun tidak populer. Tidak terlihat ide-ide baru dalam kontrol gerakan atau dalam integrasi PlayBook. memang terlihat sedikit berbeda tetapi konsep secara umum adalah sama. BB10 yang sepertinya merupakan harapan terakhir dari Blackberry, saat ini masih dalam versi Alpha.

Ada juga presentasi tentang betapa pentingnya multimedia bagi RIM. Mereka mempresentasikan fitur foto yang memungkinkan Anda untuk memilih yang terbaik untuk dipotret dari serangkaian gambar. Antarmuka terlihat bagus dan itu mengingatkan kita pada terobosan Sony Ericsson K790/K800 yang memungkinkan pengguna untuk memilih satu dari 9 gambar dibuat dalam satu detik dan membuang yang lain.

tidak banyak lagi yang dipresentasikan oleh RIM. Mr Heins juga menyebutkan bahwa RIM akan mengembangkan navigasi mobil dan sistem komputer onboard. Dia menekankan fakta bahwa 30% dari sistem tersebut didasarkan pada QNX. Ini adalah fakta yang menarik tetapi tidak secara otomatis berarti bahwa RIM telah punya kelebihan. Pasar berkembang sangat cepat saya yakin bahwa Android akan memiliki suara dalam hal ini. Dia juga mengatakan sesuatu tentang keamanan informasi dan enkripsi tapi kita harus mengabaikan ini sebagai kata penutup biasa dari setiap presentasi Blackberry.

Bagaimana dengan Blackberry Word 2012?
kita tunggu saja ...  



No comments:

Post a Comment